Pengertian Password


Dalam era teknologi seperti sekarang ini hampir semua aspek kehidupan tidak lepas dari koneksi internet, dalam keseharian saja  misalnya, mulai dari bisnis, transaksi keuangan, komunikasi, jejaring sosial,pesan makanan hingga pesan ojek  pun di lakukan dengan menggunakan koneksi internet. Begitu di manjanya kita dengan kemudahan-kemudahan yang ditawarkan dengan adanya fasilitas tersebut. Namun di balik kemudahan-kemudahan itu seringkali kita mengabaikan  masalah keamanan. Keamanan data maupun keamanan aplikasi  merupakan hal yang sangat penting diperhatikan dalam menggunakan layanan internet.
Salah satu metode pengamanan sistem informasi yang umum diketahui oleh banyak orang adalah password. Tanpa disadari password mempunyai peranan penting dalam mengamankan informasi-informasi yang sifatnya pribadi (confidential). Pada beberapa aplikasi yang berhubungan dengan piranti lunak, seperti HP, kartu ATM, dll.,
Password adalah salah satu prosedur kemanan yang sulit untuk diserang, seorang attacker mungkin saja mempunyai banyak tools (secara teknik maupun dalam kehidupan sosial) hanya untuk membuka sesuatu yang dilindungi oleh password.  Tetapi banyak user tidak perduli dengan passsword yang mereka miliki. Banyak para pengguna password membuat password secara sembarangan tanpa mengetahui kebijakan pengamanan (password policy) dan bagaimana membuat password yang kuat (strong password). Mereka tidak sadar dengan bahayanya serangan sandi (password attacks) yang dapat mencuri atau mengacak-acak informasi tersebut. Ketika seorang attacker berhasil mendapatkan password yang dimiliki oleh seorang user, maka ia akan mempunyai kekuasaan yang sama dengan user tersebut. Oleh karena itu, kriptogarafi dan sistem keamanan komputer sangat dibutuhkan. Akan tetapi ironisnya ketika ilmu kriptografi untuk mengenkripsi sebuah informasi semakin berkembang, semakin berkembang pula cara untuk melawannya.  

4 komentar: